Tuesday, January 19, 2016

Program Sukses UN 2016 SMK Negeri 1 Lumajang

Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. UN Tahun Pelajaran 2015/2016 merupakan UN yang sangat unik yaitu merupakan gabungan atau irisan dari dua kurikulum yang berbeda yaitu Kurikulum Tingat Satuan Pendidikan (KTSP 2016) dan Kurikulum 2013 (K13), dimana karakteristik dari kedua kurikulum tersebut sangat berbeda mulai dari prinsip pembelajaran, proses pembelajaran sampai pada proses penilaian hasil belajar.
SMK Negeri 1 Lumajang merupakan sekolah kejuruan yang menjadi barometer bagi pendidikan kejuruan di Kabupaten Lumajang yang memiliki visi dan misi sebagai berikut :
Visi :
Beriman dan bertakwa, unggul dalam prestasi, terampil, mandiri, dan  peduli lingkungan.
MISI
1.    Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.    Mengembangkan sumber daya secara optimal untuk menghasilkan tenaga terampil yang memiliki keahlian profesional dan mampu bersaing diera global.
3.    Mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki semangat dan jiwa wirausaha sehingga mampu menciptakan lapangan kerja.
4.    Menumbuhkan kesadaran warga sekolah dalam pengendalian pencemaran, mencegah perusakan, dan berpatisipasi dalam pelestarian lingkungan hidup.

SMK Negeri 1 Lumajang sebagai salah satu sekolah yang menerapkan K13 tentu UN tahun 2016 adalah UN pertama produk Kurikulum 2013. Kondisi ini tentu merupakan perhatian khusus bagi semua pihak khususnya dalam pencapaian Standar Mutu yang telah ditetapkan yaitu Lulus UN 100%.

Pencapaian prestasi belajar pada UN tahun pelajaran sebelumnya dimana terdapat lebih dari 300 siswa / lulusan dengan nilai dibawah standard kelulusan (55) sebagai akibat perubahan-perubahan kebijakan dibidang pendidikan yang tidak menentu juga merupakan permasalahan yang sangat serius untuk diperhatikan dan dikelola dengan baik.

Pada UN 2015/2016 SMK Negeri 1 Lumajang telah ditetapkan sebagai SMK Penyelenggaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Oleh karena itu maka pada Tahun Pelajaran 2015/2016 ini SMK Negeri 1 Lumajang telah menetapkan dan melakukan langkah-langkah strategis guna mensukseskan UN 2016.

No comments: