Sunday, June 8, 2008

Pembukaan Lab. Grafika


Setelah berjalan hampir satu tahun sekolah saya membuka program keahlian baru di sekolah yaitu Persiapan Grafika, dan kepala sekolah telah mempercayakan kepada saya untuk mengomandani maka dengan segala daya dan upaya telah saya curahkan untuk berjalannya kegiatan KBM dan alhamdulilah men jelang akhir tahun pelajaran ini sebuah laboratorium telah dimiliki.
Laboratorium ini saya sebut Lab. Grafika, walaupun programnya persiapan grafika, ini dikarenakan laboratorium ini didalmnya juga terdapat perangkat-perangkat milik program produksi grafika.
Lab ini dilengkapi dengan ruang gelap untuk proses reproduksi juga proses pencucian, sementara dibagian lain dapat dipergunakan untuk kegiatan belajar mengajar dengan beberapa meja gambar.
Perangkat yang ada di laboratorium ini bukanlah perangkat baru, tetapi merupakan perangkat yang memang sudah dimiliki oleh sekolah yang sudah lama sekali tidak dipergunakan, seperti mesin foto reproduksi, mesin contact film, copy plat seng dan juga copy plat kertas, mesin offset, book binder, mesin potong kertas, mesin jahit, dan masih banyak lagi.
Dikarenakan ruangan yang telah sekitan tahun tidak ditempati maka untuk memfungsikan kembali ruangan ini sebagai laboratorium grafika sudah barang tentu memerlukan tenaga dan pikiran untuk membuat bagaimana supaya ruangan ini nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.
Pembukaan laboratorium grafika ini sempat saya tandai dengan pemotongan tumpeng ala kadarnya oleh Ibu Kepala Sekolah, dengan maksud supaya keberadaan lab ini dapat memberikan manfaat baik bagi siswa maupun bagi para instruktur/guru dan mereka merasa betah didalamnya.
Untuk melengkapi isi dari pada lab ini saya juga sediakan sebuah PC, LCD projector, Printer, Scanner.

No comments: